Objek Wisata: Tempat Bersejarah di Jawa Timur

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
image by @anggi_luckys

Berbagai tempat bersejarah di jawa timur yang dapat Anda kunjungi sambil menambah pengetahuan.

Tahukah Anda bahwa Jawa Timur adalah pusat kerajaan Hindu dan Budha di Jawa? Beberapa kerajaan, seperti Kerajaan Majapahit, Kerajaan Mataram, dan Kerajaan Singasari, telah memerintah provinsi itu. Oleh karena itu, tidak mengherankan bahwa ada cukup banyak candi Hindu dan Budha yang tersebar di Jawa Timur.

Mungkin Anda bertanya-tanya di mana lokasinya? Bagi yang suka sejarah dan budaya, peninggalan candi tentu saja layak untuk dijelajahi. Berikut tempat bersejarah di jawa timur yang kami rangkum di bawah ini.

Tempat Bersejarah di Jawa Timur

1. Candi Singasari, Malang

image by @nadyahsilvy

Tempat bersejarah di jawa timur Candi Singasari terletak di Jalan Kertanegara nomor 148, desa Candirenggo, Singosari, Malang. Seperti namanya, candi ini adalah peninggalan bersejarah Kerajaan Singasari.

Candi Jawa Timur, yang tingginya 15 meter, adalah Hindu-Budha. Bagian bawah candi berbentuk bujur sangkar dengan relung di setiap sisi candi, sementara atapnya berbentuk meru dalam deretan di mana ia menjadi lebih kecil saat naik.

image by @dk_indra
image by @tiikaatikoo

Sejauh ini, Candi Singasari selalu dipadati pengunjung, terutama pada akhir pekan dan hari libur. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah sore sebelum matahari terbenam. Dengan demikian, Anda akan dapat memotret siluet kuil di latar belakang langit oranye yang menawan.

2. Candi Penataran, Blitar

image by @tiya_estiya

Tampaknya tidak lengkap untuk mengunjungi kota Blitar tanpa melihat kemegahan candi Penataran. Bahkan, candi ini akan menjadi yang terbesar di Jawa Timur. Sudah berdiri sejak zaman Kerajaan Kediri, sekitar 1200 M, candi ini terdiri dari beberapa bangunan memanjang sepanjang sumbu barat laut selatan tenggara.

image by @septinad14
image by @galuhayus

Di bagian depan candi terdapat dua patung raksasa yang berfungsi sebagai kuli angkut, serta Bale Agung, yang seharusnya menjadi tempat perundingan atau pertemuan para pendeta kerajaan. Dan Candi ini berada di desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kab. Blitar, Jawa Timur. Yang menarik, kuil ini diusulkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1995!

3. Candi Jolotundo, Mojokerto

image by @chriscontana

Candi Jolotundo merupakan peninggalan Raja Udayana yang dimaksudkan untuk Raja Airlangga (putra) setelah dinobatkan Raja Sumedang Kahuripan. Secara geografis, Candi Jolotundo sekitar 800 m / d, tepatnya di Bukit Bekel, lereng barat Gunung Penanggungan. Pusat Pendidikan Lingkungan Seloliman (PPLH) terletak hanya 900 meter.

image by @ginegra
image by @ana_vio

Candi ini di Jawa Timur masih dipadati wisatawan karena diperkirakan musim semi menyembuhkan berbagai penyakit. Sudah biasa bagi wisatawan dari luar provinsi untuk juga membawa beberapa wadah air ke rumah. Biaya masuk hanya IDR 10.000 untuk orang dewasa dan 5.000 untuk anak di bawah 12 tahun.

4. Candi Bajang Ratu, Mojokerto

image by @riffkyprasetyo98

Juga di daerah Mojokerto, lebih tepatnya di wilayah Temon, Trowulan, Anda juga dapat menemukan candi Bajang Ratu yang tidak kalah eksotis dari candi Jolotundo. Beberapa orang juga menyebut candi ini nama Gerbang Bajang Ratu, karena bangunan ini digunakan sebagai lokasi bangunan suci untuk memperingati kematian Raja Jayanegara.

image by @ooktawonruwet
image by @mojokerto_dewe
image by @shintaluwana

Bangunan di Pura Bajang Ratu menggunakan batu bata merah yang khas, luas, tebal dan kokoh. Namun, berbeda dengan tangga dan di dalam atap candi, dibangun dari batu andesit. Bangunan peninggalan di Majapahit ini memiliki pintu tanpa ruang utama atau reses di luar. Di atas, ada patung-patung dengan detail yang rumit. Jadi, pastikan untuk tidak melewatkan semua detail bangunan ini!

5. Candi Jawi, Pasuruan

image by @etick_peace

Candi ini terletak di desa Candi Wates, Kabupaten Prigen, Pasuruan. Candi Jawi diciptakan atas perintah raja terakhir dari Kerajaan Singasari, yaitu Raja Kertanegara. Memiliki ketinggian 24,5 meter, lebar 9,5 meter, dan panjang sekitar 14,2 meter, bentuk candi ini mirip dengan candi Prambanan di Jawa Tengah dengan atap yang menggabungkan stupa dan sebuah kubus meruncing di puncaknya.

image by @wandek_27
image by @ari_purwantoro

Menariknya, dalam pembangunan candi, yang sangat populer di Jawa Timur, dua jenis batu digunakan. Di kaki aula candi dibangun batu hitam, sedangkan tubuh candi menggunakan batu putih. Popularitas candi ini sering membuatnya ramai dengan pengunjung, jadi Anda harus bersabar ketika ingin mengambil gambar di berbagai sudut!

6. Candi Jago, Malang

image by @netzclick

Candi Jago didirikan pada abad ke-13 di bawah Kerajaan Singasari. Candi yang tersusun dari batuan andesit memiliki bagian atap yang tidak sempurna. Dikatakan bahwa bagian atas candi rusak oleh petir. Bangunan candi Jago sendiri memiliki bentuk teras di punden, di mana ukuran candi menjadi semakin kecil. Candi ini memiliki ketinggian hampir 10 meter dan lebar sekitar 14 meter, dengan panjang hingga 24 meter.

image by @yoiki_malang
image by @dwirochmad

Selain karakter bangunan yang unik, patung relief yang mengelilingi bangunan kuil Jago, yang menceritakan ajaran Hindu dan Budha, juga layak diabadikan dalam lensa kamera Anda. Apakah Anda ingin melihat detail bangunan Kuil Jago? Anda bisa datang langsung ke Jalan Wisnuwardhana, Dago Jago, Tumpang, Malang.

7. Candi Jabung, Probolinggo

image by @probolinggo_blusukan

Menuju ke Desa Jabung, Distrik Paiton, Probolinggo, Anda akan menemukan Candi Jabung. Candi ini adalah salah satu tujuan wisata candi-candi Jawa Timur yang tidak pernah berhenti menarik perhatian pengunjung. Bangunan utama candi terbuat dari batu merah dengan panjang 13,11 meter, lebar 9,58 meter, dan tinggi 15,58 meter. Namun, dilarang bagi pengunjung untuk memasuki bangunan karena candi Jabung sudah cukup rapuh.

image by @_dayeye
image by @feri_latief

Di candi Jabung ini, tidak ada tiket resmi atau tiket untuk mengunjungi candi. Namun, Anda harus terlebih dahulu mengisi buku tamu dan melaporkan kepada petugas yang sedang mengawasi lokasi candi sebelum memasuki area candi.

image by @soeyantorobby

Anda tidak hanya menyajikan informasi sejarah yang menarik, candi-candi juga berada di lingkungan yang indah. Jadi, jangan lupa membawa kamera Anda untuk menangkap semua keindahan dan keunikan bangunan. Satu hal yang perlu diingat adalah menjaga candi-candi di Jawa Timur saat berkunjung.

More to explorer

Objek Wisata Romantis di Malang

Wisata romantis di malang – Malang memang merupakan pilihan liburan karena ada banyak tempat wisata yang bagus. Selain kunjungan ke Malang, ada

Cara Naik Transport dari Malang ke Batu

Transport dari Malang ke Batu – Sahabat traveller pasti tahu kota Batu-Malang. Kota Batu-Malang adalah kota wisata yang masih menjadi salah satu

Obyek Wisata Lawang Malang yang Menarik

Wisata lawang Malang – Lawang adalah salah satu kabupaten di Malang. Jalur ini juga sangat sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin pergi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Halo Mau Berwisata di Malang Batu atau Bromo? Yuk Konsultasi di WhatsApp
Powered by