Pantai Banyu Anjlok, Surganya Lobster di Malang

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
image by @malangrayatour

Pantai Banyu Anjlok, namanya hampir sama dengan dua pantai Pacitan dan Gunungkidul. Dilihat oleh pesona nyata dari tiga wilayah, itu hampir sama. Hanya saja ketiganya memiliki keunikan tersendiri. Keunikan adalah landmark bagi wisatawan untuk berkunjung.

Penduduk kota Malang, khususnya selatan Malang, sangat mengenal daerah ini. Bahkan, tempat ini adalah tujuan yang bagus untuk bersantai ketika tiba saatnya untuk berlibur. Banyak yang bilang tempat ini sangat menggoda. Untuk bisa menghadirkan memori yang tidak akan terlupakan di Pantai Banyu Anjlok.

Tahu Pantai Banyu Anjlok?

Bisa dikatakan bahwa Banyu adalah tempat anti-mainstream. Karena untuk pergi ke sini, tindak lanjut harus dilakukan terlebih dahulu. Bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualang, wilayah ini harus dikunjungi.

Daerah ini milik serangkaian pantai Lenggoksono dan Bolu-Bolu. Karena itu, jangan heran jika banyak orang lebih memilih pergi ke Pantai Lenggoksono atau Pantai Bolu-Bolu. Karena kedua pantai ini memiliki rute yang cukup ramah pengguna bagi para wisatawan.

Lihat struktur air terjunnya yang cukup unik. Jika, di pantai Banyunibo, Gunung Kidul berasal dari aliran sungai. Begitu pula dengan pantai Banyu Tibo, Pacitan berasal dari sungai yang mengalir dari sumber mata air.

Tentang Banyu Anjlok

image by @guidemalang

Lihat saja struktur air terjun untuk mendapat perhatian. Jika selama ini air terjun dan debit air ditetapkan pada suatu titik. Di sisi lain, dengan banyak titik air yang menyebar. Uniknya, aliran air ini mengikuti lebar batu yang cukup besar. Padahal, bukan air terjun lebih tepatnya air terjun yang memiliki tipe seperti ini.

Di sini ada akses ke sebuah gua. Aksesnya berupa lubang kecil yang cukup untuk tubuh manusia. Salah satu cara untuk masuk adalah menembus air terjun ini dan sedikit basah. Perlu dicatat bahwa jika area ini sedikit licin. Jadi, Anda harus sangat berhati-hati agar tidak jatuh.

Turis yang memiliki keberanian cukup bisa naik ke puncak air terjun. Lihat cekungan besar yang menjadi kekuatan air bukit di atas. Di kolam renang ini, wisatawan dapat berendam dan menikmati udara segar pantai. Melihat pemandangan yang menakjubkan dari sini benar-benar menakjubkan.

image by @whiempy
image by @malang_mbois
image by @malangrayatour

Surga Para Pemancing Ikan

Jangan kaget jika pengunjung ke daerah ini adalah pemancing. Sebab, di kawasan ini, bisa dibilang surga untuk memancing. Memang, tempat ini sudah boleh sebagai zona ekowisata dari Kementerian Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia.

Wisatawan dapat menemukan berbagai jenis ikan. Hingga laut di wilayah ini sangat berlimpah. Bahkan, ada berbagai jenis budidaya lobster. Dari lobster pasir dan nektar mutiara yang memiliki harga jual sangat tinggi.

Padahal, wilayah Banyum telah menjadi sarang lobster alami. Tepatnya berada di Pulau Gadung. Pulau ini tidak jauh dari daerah ini. di bawah gua ini adalah sarang lobster yang bertelur. Karena itu, ketika berkunjung ke sini, jangan lupa makan lobster, yang merupakan makanan khusus di wilayah ini.

Hal yang baik adalah para nelayan di wilayah ini sangat sadar akan cara yang baik untuk melaut, wilayah lautnya masih sangat alami dan terawat dengan baik. Pesonanya berbeda dengan area memancing lainnya di pantai.

Berkemah di pantai

Berada di sini memang sangat menyenangkan hingga lupa waktu. Di sini sudah ada banyak perumahan. Namun, alangkah baiknya bagi wisatawan untuk menikmati Pantai Banyu Anjlok. Salah satunya berkemah di area kemah.

Bintang-bintang malam memang pesona yang luar biasa. Selain itu, suara ombak tampaknya merupakan melodi yang sangat merdu.

Namun, pariwisata harus tetap hati-hati. Memang, objek wisata ini juga penuh dengan mitos di pantai Banyu yang tidak dapat dipublikasikan. Selain itu, daerah ini terletak di pantai selatan, yang masih terkait erat dengan Nyi Roro Kidul.

Alamat dan rencana perjalanan

Alamat wilayah ini terletak di desa Purwodadi, Tirtoyudo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menuju Pantai Banyu Anjlok dapat dimulai dari pusat kota Malang hingga daerah Kepanjen. Kemudian arahkan kendaraan ke kecamatan wetit. Kemudian menuju ke Lumajang.

Begitu sampai di pertigaan Tirtoyudo belok kanan menuju pantai Sipelot dan Pujiharjo. Kemudian ikuti jalan sampai Anda bertemu pertigaan. Di pertigaan ini, akan ada tanda yang menunjukkan pantai Lenggoksono dan Wediawu.

Mengemudi kendaraan ke Pantai Lenggoksono ke jendela pembayaran. Nah, maka wisatawan akan ditawari beberapa alternatif ke pantai Banyu. Jika, memilih berjalan, wisatawan akan menerima peta pantai banyu pada musim gugur. Agar wisatawan tidak tersesat.

Jarak yang harus ditempuh dari meter ke lokasi sekitar 1 jam. Wisatawan akan menemukan pemandangan dengan rute yang sangat menggemaskan. Bagi para pelancong yang menyukai petualangan, berjalan adalah solusi utama.

Tetapi, jika Anda berpikir bahwa berjalan selama satu jam cukup melelahkan, petugas akan memanggil layanan ojek untuk membawa para wisatawan. Tiba di tujuan dan lagi. Mengenai harga, silakan menawar, karena setiap pengemudi ojek menawarkan harga yang berbeda.

Nah, opsi terakhir saat wisatawan naik mobil. Dianjurkan untuk mengambil perahu nelayan. Sementara mobil itu diparkir di pantai Lenggoksono. Jalan akses yang sempit membuat akses dengan mobil menjadi sangat mustahil di lalui. Karena itu, setelah tiba di Pantai Lenggoksono, tanyakan pada penduduk bagaimana menuju ke Pantai Banyu.

More to explorer

Objek Wisata Romantis di Malang

Wisata romantis di malang – Malang memang merupakan pilihan liburan karena ada banyak tempat wisata yang bagus. Selain kunjungan ke Malang, ada

Cara Naik Transport dari Malang ke Batu

Transport dari Malang ke Batu – Sahabat traveller pasti tahu kota Batu-Malang. Kota Batu-Malang adalah kota wisata yang masih menjadi salah satu

Obyek Wisata Lawang Malang yang Menarik

Wisata lawang Malang – Lawang adalah salah satu kabupaten di Malang. Jalur ini juga sangat sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin pergi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Halo Mau Berwisata di Malang Batu atau Bromo? Yuk Konsultasi di WhatsApp
Powered by